Penerapan Model Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini

Authors

  •   Surotul Mahbubah   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Rizqi Fajriah Alifah   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Lailatul Usriyah   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Yanti Nurhayati   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Istifadah Istifadah   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v5i2.83

  Keywords:

central learning, intelligence, expressive language, early childhood

Abstract

Expressive language is the ability that children have to express what they want. In the opinion of experts, it can be concluded that expressive language is a way for a child to express feelings, words, expressions, intonation, movements and desires in a simple but meaningful way for a few other people. This study aims to determine the implementation of the learning center model in the development of expressive language in young children. The method used in this research is descriptive qualitative research. The analysis technique was carried out through observation and interviews. The results of the study show that the learning center model plays a very important role in developing children's expressive language intelligence, because children can learn to communicate with others in various ways, children are also able to express feelings, ideas with the appropriate choice of words when communicating.

 

Abstrak

Bahasa ekspresif adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya. Menurut pendapat para pakar dapat disimpulkan bahwa bahasa ekspresif merupakan cara seorang anak untuk mengungkapkan perasaan, kata-kata, mimik, intonasi, gerakan dan keinginan secara sederhana namun bermakna untuk orang lain disekit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran sentra dalam pengembangan bahasa ekspresif anak usia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis yang dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan bahasa ekspresif anak, karena anak-anak dapat belajar berkomunikasi dengan orang lain berbagai cara, anak juga mampu mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi.

References

Bowo, A. N. A. (2015). Cerita Cinta Belajar Mengajar. Deepublish.

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013 (1st ed.). Deepublish.

Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd editio). SAGE Publication, Inc.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v2i2.2724

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, UU RI No 20 Tahun 2003 (2003).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Mahbubah, S., Alifah, R. F., Usriyah, L., Nurhayati, Y., & Istifadah, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 71–80. https://doi.org/10.35719/preschool.v5i2.83