Model Outbound Dalam Mengembangkan Motorik Kasar: Studi Kasus di TK Dharma Rini 1 Kota Pasuruan

Authors

  •   Nuruz Zuhdiyah   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Mursalim Mursalim   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v5i2.79

  Keywords:

outbound, gross motor, early childhood, kindergarten

Abstract

This study examines the implementation of outbound activities to develop gross motor skills among Class A children at Dharma Rini 1 Kindergarten, Pasuruan, during the 2021/2022 academic year. Gross motor skills involve the ability to coordinate large muscles for activities such as jumping, running, and balancing, which are essential for children’s physical and social development. Outbound learning, as an experiential outdoor activity, is believed to enhance these abilities through play-based and interactive experiences. This qualitative descriptive study employed a case study approach, with data collected through unstructured interviews, participatory observation, and documentation. Data were analyzed using data condensation, data display, and conclusion drawing, while data validity was ensured through source and technique triangulation. The results indicate that (1) outbound planning was integrated into PROTA, PROSEM, RPPM, and RPPH; (2) implementation involved opening, core, and closing activities; and (3) evaluation used a daily developmental scale. Outbound activities were found to effectively improve children’s coordination, agility, and confidence in physical movement.

 

Keywords: outbound, gross motor, early childhood, kindergarten

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kegiatan outbound untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelas A di TK Dharma Rini 1 Pasuruan tahun ajaran 2021/2022. Motorik kasar mencakup kemampuan mengoordinasikan otot besar untuk aktivitas seperti melompat, berlari, dan menjaga keseimbangan, yang penting bagi perkembangan fisik dan sosial anak. Pembelajaran outbound sebagai kegiatan belajar melalui pengalaman di alam terbuka diyakini mampu meningkatkan kemampuan tersebut melalui pengalaman bermain yang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan outbound diintegrasikan dalam PROTA, PROSEM, RPPM, dan RPPH; (2) pelaksanaan meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup; serta (3) evaluasi menggunakan skala perkembangan harian. Kegiatan outbound terbukti efektif meningkatkan koordinasi, kelincahan, dan kepercayaan diri anak dalam bergerak.

References

Bowo, A. N. A. (2015). Cerita Cinta Belajar Mengajar. Deepublish.

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013 (1st ed.). Deepublish.

Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd editio). SAGE Publication, Inc.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v2i2.2724

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, UU RI No 20 Tahun 2003 (2003).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Zuhdiyah, N., & Mursalim, M. (2024). Model Outbound Dalam Mengembangkan Motorik Kasar: Studi Kasus di TK Dharma Rini 1 Kota Pasuruan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.35719/preschool.v5i2.79