Penggunaan Media Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v4i1.72

Keywords:

big book calendar, early childhood, learning media, reading interest

Abstract

This research is based on the need for interest in reading among children in this sophisticated era. Today's children prefer to play with gadgets rather than read books. Therefore, an effort is needed to increase children's interest in reading. The effort can be made using the media's big book calendar table. This research uses a qualitative approach with a descriptive method that aims to describe and explain the use of the learning media big book calendar table in early childhood education institutions as an effort to increase children's interest in reading. The participants in this study were teachers at TK 10 Nopember, while the subjects in this study were early childhood in group A aged 4-5 years at TK 10 Nopember. The data collection techniques used in this study are observation and interview techniques. From the data of this study, it was found that the use of learning media, such as big book calendar tables, has a positive impact on children's interest in reading, namely an increase in children's interest in reading. With the big book calendar table, children become very enthusiastic and curious about the learning material; even children are interested in reading the big book calendar table.

 

ABSTRAK

Penelitian ini didasari oleh kurangnya minat baca anak pada zaman serba canggih ini. Anak sekarang ini lebih memilih bermain gadget daripada membaca buku. Maka dari itu diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan minat baca anak. Adapun upaya tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media big book kalender meja . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan penggunaan media pembelajaran big book kalender meja  di PAUD sebagai upaya meningkatkan minat baca anak usia dini. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru di TK 10 Nopember, sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia dini pada kelompok A usia 4-5 tahun di TK 10 Nopember. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan wawancara. Dari data penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran big book kalender meja  berdampak positif terhadap minat baca anak, yakni adanya peningkatan minat baca anak. Dengan big book kalender meja  anak menjadi sangat antusias dan penasaran dengan materi pembelajaran, bahkan anak tertarik untuk membaca big book kalender meja  tersebut

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke 21 dalam Konteks Keindonesiaan (1st ed.). Bandung: Refika Aditama.

Ardiansyah, A., & Alamsyah, M. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple Intellegence Anak Usia Dini. MUSAWA, 13(1), 106–133. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/msw.v13i1.746

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(1), 50–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Fitri, A. W., & Ummah, L. (2022). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 111–116. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.276

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Magdalena, I., Septina, Y., Zahra, R. A., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara Mengembangkan Bakat Peserta Didik. BINTANG, 2(3), 278–287. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/965

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A., Izah, N., Nurul Hidayah, S., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). The effect of gadget on speech development of toddlers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12203. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012203

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4. , Pub. L. No. 4 (2022).

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176

Ramadhani, P. K., & Kustiawan, U. (2017). The Effect of the Big Book Media Usage to Simple Sentences’ Reading Ability for Third Grader with Intellectual Disability on Elementary School for Special Needs. Journal of ICSAR, 1(1), 42–45. https://doi.org/10.17977/um005v1i12017p042

Saracho, O. N., & Spodek, B. (2010). Parents and children engaging in storybook reading. Early Child Development and Care, 180(10), 1379–1389. https://doi.org/10.1080/03004430903135605

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Universitas Negeri Yogyakarta.

Triutami, N., Widayati, S., & Komalasari, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 162–170. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.54177

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia.

Zain, Z. M., Jasmani, F. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. Proceedings, Vol. 82, pp. 1–7. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sulistyani, A. R., Widayati, S., & Komalasari, D. (2023). Penggunaan Media Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini . PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.35719/preschool.v4i1.72