Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v4i1.45Keywords:
kreativitas anak usia dini, audio-visual, media pembelajaranAbstract
learning in early childhood education institutions must be able to prioritise the goal of building and nurturing children's creativity as best as possible and in various forms. One way that can be done is by stimulation using audio visual media. The purpose of this research is to describe efforts to develop creativity in early childhood through audio visual media. This research method uses a qualitative approach with descriptive research type. Determination of informants using purposive sampling technique. The data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The results showed that audio visual media can be utilised well for the development of early childhood creativity. The development of materials presented by utilising multimedia and audio-visual-based technology has proven to be able to attract children's interest in learning about new things in the classroom and in turn create new ideas for them to pour into works of art.
ABSTRAK
Kreativitas merupakan suatu aspek yang penting untuk dikembangan pada anak usia dini. Untuk itu, pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini harus mampu mengedepankan tujuan membangun dan memupuk kreativitas anak sebaik mungkin dan dalam berbagai bentuk. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan stimulasi menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui media audio visual. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan kreativitas anak usia dini. Pengembangan bahan materi yang disajikan dengan memanfaatkan teknologi multimedia dan berbasis audio visual terbukti mampu menarik minat anak untuk belajar tentang hal-hal baru di kelas dan pada gilirannya menciptakan ide-ide baru untuk mereka tuangkan dalam karya seni.
References
Dere, Z. (2019). Investigating the Creativity of Children in Early Childhood Education Institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302
Hardianto, D. (2005). Media Pendidikan sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 1(1), 96–105.
Hastings, N. B., & Tracey, M. W. (2005). Does media affect learning: where are we now? TechTrends, 49(2), 28–30. https://doi.org/10.1007/BF02773968
Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kozma, R. B. (1991). Learning with Media. Review of Educational Research, 61(2), 179–211. https://doi.org/10.3102/00346543061002179
Leggett, N. (2017). Early Childhood Creativity: Challenging Educators in Their Role to Intentionally Develop Creative Thinking in Children. Early Childhood Education Journal, 45(6), 845–853. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0836-4
Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013 (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: Sage Publications.
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689
Nurtiani, A. T. (2020). Perencananaan Pembelajaran PAUD di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2020, 221–232. Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh.
Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. Buana Gender, 5(2), 85–96. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820
Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eli Faturizkiyah, Istifadah Istifadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.