Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v3i1.42Keywords:
Role Playing, Social, Emotional, Early Childhood EducationAbstract
Early childhood education plays an important role in social and emotional development. The need for an educational method that makes learning more interesting and certainly effective. The right method used in early childhood is the role-playing method. This study aims to determine 1) the use of the role-playing method 2) the advantages and disadvantages of the role-playing method 3) The results of the use of the role-playing method. This study uses a descriptive qualitative approach and data collection methods using observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data condensation, Data display, Drawing, and Verifying Conclusions. The validity of the data using source triangulation and technical triangulation. This research concludes 1) The use of the role-playing method in which there are several steps and the role-playing method used is as a police officer with the theme "understanding and obeying traffic signs" 2) The advantages of using the role-playing method are social and emotional training students and the weakness of the role-playing method, namely children who do not participate in role-playing tend to be less active and the role-playing process takes a long time 3) The results of using the role-playing method are: students who take part in activities are more active and can express themselves, but some children who do not participate in role-playing tend to be passive.
Pendidikan anak usia dini sangat berperan penting dalam perkembangan sosial dan emosional. Perlunya sautu metode pendidikan yang membuat pembelajaran lebih menarik dan tentunya efektif. Metode yang tepat digunakan pada anak usia dini yakni metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penggunaan metode bermain peran 2) kelebihan dan kekurangan metode bermain peran 3) Hasil penggunaan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data condensation (kondensasi data), Data display (penyajian data), Drawing and Verifying Conclusions (Penarikan Kesimpulan danVerifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Peneitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penggunaan metode bermain peran di dalamnya terdapat beberapa langkah-langkah dan metode bermain peran yang digunakan yakni sebagai polisi dengan tema “memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas” 2) Kelebihan penggunaan metode bermain peran yakni melatih sosial dan emosional peserta didik dan kelemahan metode bermain peran yaitu anak yang tidak ikut dalam bermain peran cenderung menjadi kurang aktif dan proses bermain peran membutuhkan waktu yang cukup lama 3) Hasil penggunaan metode bermain peran yakni: peserta didik yang mengikuti kegiatan lebih aktif dan bisa mengekspresikan diri, namun sebagian anak yang tidak ikut dalam bermain peran cenderung menjadi pasif.
References
Arsiti. 2008. “Pendekatan Pembelajaran Konstuktivistik Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas, Kemampuan Belajar Mandiri, dan Hasil Belajar IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP 2 Karanglewas, Kabupaten Banyumas).” Tesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gettman, David. 1987. Basic Montessori: Learning Activities For Under-Fives. New York: St. Martin’s Publishing Group.
Gunarti, Winda, dan Azizah Muis. 2014. “Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar AUD.” Dalam , 1:1–51. Jakarta: Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4708/.
Kurniati, Nisa. 2019. “Metode Bermain Peran Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Peraturan. 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Purba, Friska Juliana, Hani Subakti, Donald Loffie Muntu, Janner Simarmata, Akbar Avicenna, Joko Krismanto Harianja, Lastiar Roselyna Sitompul, Dina Chamidah, Muhammad Hasan, dan Sandra Arhesa. 2022. Strategi-Strategi Pembelajaran. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Ramadhani, Rahmi, Masrul Masrul, Dicky Nofriansyah, Mustofa Abi Hamid, I. Ketut Sudarsana, Sahri Sahri, Janner Simarmata, Meilani Safitri, dan Suhelayanti Suhelayanti. 2020. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Reresi, Marsianus. 2021. “RELASI PEDAGOGIS ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA DIRI ANAK USIA DINI.” Jurnal Logos 1 (2): 10–19.
Roestiyah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohmad, Ali. 2013. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Pada Pemerintahan Era Reformasi.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 1 (2): 298–327.
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sholihah, Fitriyah Ummi. 2014. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi PKn Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (3): 1–9.
Sudjana. 2010. Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sujiana, Yuliani Nuraini, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak : Disertai langkah pengembangan program kegiatan bemain di kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan pos PAUD. Jakarta: Indeks.
“Surat Al-A’rāf - سُورَة الاعراف | Qur’an Kemenag.” t.t. Diakses 25 Juni 2022. https://quran.kemenag.go.id/surah/7/175.
Syafri, Fatrica. t.t. “PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT MARIA MONTESSORI.” https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/article/download/1529/1312.
Yanto, Ari. 2015. “Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Cakrawala Pendas Volume 1, No 1 (Januari).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yati Nur Hafiyah, Mohammad Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.



