Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi)

Authors

  • Sefriyanti Sefriyanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khamim Zarkasih Putro UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v3i2.34

Keywords:

child development barriers, motor development, children with special needs

Abstract

This study aimed to identify and analyze barriers to motor development in children with special needs from a neurological and psychological perspective. The data collection techniques are observation and interviews by asking parents open-ended questions to discover the obstacles to children's motor development. The subject of this study was one three-year-old child in Central Java, Malang district. Data analysis techniques through data triangulation. The results of the study show that developmental barriers experienced by children are not only correlated with motor development. Children experience developmental barriers found in more than one aspect. One is called Global Delay Development (GDD), caused by the TORCH virus. It makes children experience abnormalities in brain development, namely Brain Atrophy and Infantile Spasm disorder, a variant of epilepsy, so the child experiences several developmental barriers such as language, cognitive, and social or the ability to interact with the environment.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisa hambatan perkembangan motorik pada anak berkebutuhan khusus perspektif neurologi dan psikologi. Teknik pengumpulan data  melalui observasi dan wawancara dengan memberikan pertanyaan terbuka kepada orang tua untuk mengetahui hambatan perkembangan motorik anak. Subyek Penelitian ini pada satu orang anak berusia 3 tahun yang berada di Jawa Tengah kabupaten Malang. Teknik analisis data melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan perkembangan yang dialami oleh anak tidak hanya perkembangan motoriknya saja, akan tetapi anak mengalami hambatan perkembangan lebih dari satu aspek atau yang disebut Global Delay Development (GDD) yang disebabkan oleh virus TORCH, sehingga anak mengalami kelainan perkembangan otak yaitu Brain Atrophy dan kelainan Spasme Infantil varian dari epilepsi, maka anak mengalami beberapa hambatan perkembangan seperti bahasa, kognitif, dan sosial atau kemampuan berinteraksi dengan lingkungan.

References

Amanati, S., Purnomo, D., Abidin, Z., & Wibisono, I. (2018). Pengaruh Terapi Latihan Pada Developmental Delay. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 2(1).

Anandita, A. C., & Marini, G. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Toddler. Surabaya.

Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko Angger. (2019). Implementasi metode deteksi dini tumbuh kembang dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus usia dini. V(2).

Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Cahyaningrum, R. K. (2012). TINJAUAN PSIKOLOGIS KESIAPAN GURU DALAM MENANGANI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROGRAM INKLUSI (STUDI DESKRIPTIF DI SD DAN SMP SEKOLAH ALAM AR-RIDHO). Educational Psychology Journal, 1(1).

Chamidah, A. N. (2019). DETEKSI DINI GANGGUAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(5).

Damayanti, E., & Nasrul, M. ansar. (2020). Capaian Perkembangan Fisik Motorik Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 3-4 Tahun. As-Sibyan, 5(2).

Destiyani, J., Prasetyowati, D., & Purwadi. (2019). ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK PADA USIA 3-4 TAHUN.

Elmanora, Hastuti, D., & Muflikhati, I. (2017). Lingkungan Keluarga Sebagai Sumber Stimulasi Utama Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2).

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Ganda, C. (2021). Kejadian epilepsi pada anak dengan riwayat kejang demam pada tahun 2014-2019 : studi literatur. Sumatera Utara.

Handrean, E. (2007). Diagnosis epilepsi lengkap. Ilmiah Kedokteran, 1(1).

Heckman, J. J. (2008). Schools, Skills, and Synapses. Economic Inquiry, 46(3), 289–324. https://doi.org/10.1111/j.1465-7295.2008.00163.x

Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan Anak (A. Dharma, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Jannah, M., & Putro, K. Z. (2021). Pengaruh Faktor Genetik Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 8(2).

Kambali. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Emosional Serta Intelektual Di Masa Prenatal. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3555419

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Krisdiyanti, N. (2015). Penatalaksanaan Terapi Latihan Untuk Anak Developmental Delay di Griya Fisio Bunda Novy Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang sebagai Proses Alih Budaya. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 5(1).

Listiorini, R. V. (2009). Kecemasan Terhadap Kehamilan Pada Ibu Hamil Yang Pernah Mengalami Keguguran Karena TORCH. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Magfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal of Education Research, 2(3).

Moonik, Lestari, H., & Wilar, R. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. 3(1).

Ngurah, I. G., & Suwarba, M. (2011). Insidens dan Karateristik Klinis Epilepsi Pada Anak. Jurnal Sari Pediatri, 13(2).

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2). https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

P, N. A. F., Samopa, E. F., & W, R. P. (2014). ANALISIS GELOMBANG OTAK MENGGUNAKAN EEG SATU CHANNEL UNTUK MENGIDENTIFIKASI KELELAHAN SUPERVISOR PABRIK MENGGUNAKAN METODE MEANS COMPARISON TEST (MCT). Teknik Pomits, 1(1).

Paramarta, F. N. (2021). Konsep Interior Ruang Fisioterapi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Klinik Anak Usia 1-5 Tahun. AKSELERASI : Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1).

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. 10(2). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2). https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Puspita, W. A. (2014). PENGEMBANGAN PROGRAM STIMULASI GERAK UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR BAYI USIA 0-<12. Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, 9(1).

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri Mardi. (n.d.). FAKTOR PENYEBAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KLASIFIKASI ABK.

Romlah. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan Dan ILmu Tarbiyah, 02(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314

Runtukahu, A. T. Z., Marunduh, S. R., & Polii, H. (2021). Peran Imunitas Seluler Pada Ibu Hamil. Jurnal E-Biomedik, 9(2). https://doi.org/10.35790/ebm.v9i2.31796

Siskawati, Y., Hari, P. D. I. S., & Mahanani, S. (2018). PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH DI POSYANDU BALITA MAWAR DAN KENANGA. 4(2).

Suhartini, B. (2005). Deteksi Dini Keterlambatan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak. 1(2).

Sukadari. (2020). PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1).

Supena, A., P., S. N., Soedjojo, R. P., Wahyuni, M., Paramita, D., Rasyidi, C., & C., S. D. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulfa, M. (2018). Analisa Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Ilmiah Ilmu Keehatan, 6(3).

Vinayastri, A. (2015). PENGARUH POLA ASUH (PARENTING) ORANG-TUA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA DINI Amelia. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1).

W.Santrock, J. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (5th ed.; J. Damanik & A. Chusairi, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Wazni Adila, Ratnawati, E. N. P. (2018). Gambaran Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Hamil Tentang Pemeriksaan Torch. Jurnal Ilmu Kebidanan, 3(1).

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Sefriyanti, S., & Putro, K. Z. (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–72. https://doi.org/10.35719/preschool.v3i2.34