Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan untuk Mengenalkan Pakaian Adat Jawa pada Anak Usia 4-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v2i2.33Keywords:
children, hand puppet, storytelling method, traditional clothesAbstract
Introducing traditional clothing to early childhood is an annual activity. However, in the last two years, Indonesia has experienced the COVID-19 pandemic, in which children are unable to carry out activities at school. The storytelling method using hand puppets is one solution in introducing traditional clothing to children. The purpose of this study was to determine the effect of the storytelling method with hand puppet media so that children aged 4-6 years introduce Javanese traditional clothes. This research uses quantitative methods with correlational research types. sample population in one RA in Surabaya. The number of samples is 70 children. In this study, the Cronbach's alpha formula was used to calculate the reliability test of the Cronbach's alpha value of the storytelling method of 0.969 > 0.60. It can be concluded that the variable of the storytelling method is variable or consistent and that the Cronbach's Alpha value of introducing Javanese traditional clothing is 0.793 > 0.60. that the variable of introducing Javanese traditional clothing is variable or consistent. The following are the results of the Pearson correlation test using the SPSS Statistics 28 program. The results of the data management above can be obtained by a calculated r value of 0.796 and an r table with a significance level of 5% (0.05) with an N 70 of 0.235, which means that r is greater than r table (0.796 > 0.235) so that there is a significant relationship between the storytelling method variable and the variable introducing Javanese traditional clothes.
ABSTRAK
Mengenalkan pakaian adat pada anak usia dini merupakan kegiatan tahunan. Namun dalam dua tahun terakhir Indonesia mengalami pandemi covid 19 yang dimana anak tidak dapat melakukan kegiatan di sekolah. Metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan adalah salah satu solusi dalam mengenalkan pakaian adat pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan agar anak usia 4-6 tahun mengenalkan pakaian adat jawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. populasi sempel pada salah satu RA di Surabaya. Jumlah sampel 70 anak. Dalam penelitian ini rumus cronbach’s alpha digunakan untuk menghitung uji reabilitas nilai cronbach’s alpha metode bercerita sebesar 0,969 > 0,60 dapat disimpulkan bahwa variabel metode bercerita adalah riabel atau konsisten dan bahwa nilai cronbach’s alpha mengenalkan pakaian adat jawa sebesar 0,793 > 0,60 dapat disipulkan untuk bahwa variabel mengenalkan pakaian adat jawa adalah riabel atau konsisten. Berikut hasil dari uji pearson correlation dengan menggunakan program SPSS Statistics 28. hasil pengelolaan data diatas dapat diperoleh nilai r hitung sebesar 0,796 dan r tabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dengan jumlah N 70 sebesar 0,235 yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,796 > 0,235) sehingga antara variabel metode bercerita dan variabel mengenalkan pakaian adat jawa terdapat hubungan yang signifikan.
References
Adenin, S. D., Desanto, D., & Rohaeni, A. J. (2021). Perancangan Boneka Kayu Karakter Pakaian Adat Tradisional Jawa Barat. Jurnal ATRAT, 9(1), 23–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v9i1.1659
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhieni, N., & Fridani, L. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. In Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language Two. New York: Oxford University Press.
Essa, E. L. (2012). Introduction to Early Childhood Education. Canada: Cengage Learning.
Furiyanti, F. (2018). Aplikasi Tebak Gambar dan pengenalan Pakaian Adat Berbasis Android. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Hartono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., … Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kartono, K. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (1991). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Morissan, Wardhani, A. C., & U., F. H. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyani, A. W., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2020). Perancangan Fotografi Mainan Pakaian Adat sebagai Media Edukasi Budaya Nusantara. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 1–9.
Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD : Tuntunan Lengkap dan Praktis Para Guru PAUD. Yogyakarta: Laksana.
Novianty, D. (2021). 5 Pakaian Adat Jawa Barat Lambang Kekayaan Budaya, Unik dan Elegan. Retrieved from suarajabar.id website: https://jabar.suara.com/read/2021/10/08/150734/5-pakaian-adat-jawa-barat-lambang-kekayaan-budaya-unik-dan-elegan
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Pedoman Pembelajaram Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. (2007). Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD Departemen Pendidikan Nasional.
R, M. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu, A. Y. (2013). Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.
Sendari, A. A. (2021). Kebudayaan adalah Bagian Kehidupan Manusia, Ketahui Unsur dan Wujudnya. Retrieved from Liputan6 website: https://hot.liputan6.com/read/4579114/kebudayaan-adalah-bagian-kehidupan-manusia-ketahui-unsur-dan-wujudnya
Setyaningsih, N. R. (2020). Perancangan Komik Pengabdian Abdi Dalem Keraton Yogyakarta. Institut Senin Indonesia Yogyakarta.
Soemardjan, S., & Soemardi, S. (1964). Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: LPFE Universitas Indonesia.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia.
Winda Nidya Putri Fitriana, Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 262–280. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395
Yuliati, N. A. (n.d.). Makna Kain Lurik untuk Upacara Tradisional di Yogyakarta.
Zubaidah, E. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zulkifli, A., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Rumah Adat Joglo pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 591–600.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Utik Sukma Islawati, Mas’udah Mas'udah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.