Pengaruh Pendampingan Orang Tua dalam Belajar terhadap Kemampuan Anak Mengenali Diri di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v2i2.32Keywords:
Parental Assistance, Learning, Self AwarenessAbstract
This research is motivated by the assistance of parents in learning activities from home which is not optimal because both parents work, so that the ability to know themselves in children is not stimulated properly. This study aims to determine the effect of parental assistance in learning activities from home on the ability to recognize self in early childhood. This study uses a quantitative approach with a survey research design. The sampling technique was total sampling, ie the entire population in TK Kurnia Surabaya was used as a sample. The sample of this study consisted of 36 guardians of Kurnia Kindergarten Surabaya students. The data collection technique in this study was using a questionnaire or questionnaire. Based on the results of the t-test on the SPSS application, it explains that the significance value (Sig) is 0.035 <0.05, which means Ha is accepted and H0 is rejected so that Parental Assistance (X) affects the Ability to Know Yourself in Children (Y). The result of the calculation of the Coefficient of Determination (R2) on SPSS is 0.124 or the equivalent of 12.4%. so that it can be concluded that the ability to know oneself in children 12.4% is influenced by Parental Assistance, the rest is influenced by other variables that are not known by the researcher.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah yang tidak maksimal karena kedua orang tua bekerja, sehingga kemampuan mengenal diri pada anak tidak terstimulasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah terhadap kemampuan mengenal diri anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik sampling dilakukan secara total sampling, yakni seluruh populasi di TK Kurnia Surabaya dijadikan sebagai sampel. Sampel penelitian ini terdiri atas 36 wali murid TK Kurnia Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket atau kuisoner. Berdasarkan hasil uji t pada aplikasi SPSS memaparkan bahwa nilai signifikansi (Sig) 0.035 < 0.05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak sehingga pendampingan orang tua (X) berpengaruh pada kemampuan mengenal diri pada anak (Y). Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) pada SPSS ialah 0.124 atau setara 12.4%. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan mengenal diri pada anak 12.4% dipengaruhi oleh
pendampingan orangt sisanya dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diketahui oleh peneliti.
References
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup: Konsep Dan Aplikasi. Bandung: al-Muassasah al-Jamiah.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiastuti, Dyah and Agustinus Bandur. 2018. Validitas Dan Reabilitas Penelitian.
Creswell, John W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darojad, Zamzami Ulwiyati and Imam Mawardi. 2021. “Peningkatan Kemandirian Anak RA Al Fitroh Melalui Pendampingan Terpadu Di Masa Belajar Dari Rumah.” Pp. 359–67 in Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian.
Diadha, Rahminur. 2015. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 2(1):61–71.
Ghatarina Umi, M. and Mila Karmila. 2020. “Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi COVID-19 Di Lingkungan Keluarga.” TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):53–61.
Hardiansyah. 2020. “Dukungan Sosial Yayasan Cinta Harapan Indonesia Terhadap Perilaku Kemandirian Anak Down Syndrome.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).
Lestari, Windy Reva Junaida. 2018. “Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Universitas Panduan.
Mahardika, I. M. S. 2015. Metodologi Penelitian. Surabaya: Unesa University Press.
Muhibah, Bibah. 2011. “Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini Dalam Keluarga (Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Desa Saripan Jepara).” Universitas Negeri Semarang.
Murniati, Monika Palupi, St. Vena Purnamasari, Stephana Dyah Ayu R., Agnes Advensia C., Ranto Sihombing, and Yusni Warastuti. 2013. Alat-Alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Unika Soegijapranata.
Mustofa, Edi. 2019. “Peningkatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan.” Al Marhalah Jurnal Pendidikan Islam 3(1):25–32.
Nugrahani, Dyah, Ngasbun Egar, Listyaning Sumardiyani, and Subur L. Wardoyo. 2019. “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Life Skills.” (20).
Sa’diyah, Rika. 2017. “Pendidikan Anak Merupakan Pendidikan Yang Paling Mendasar Menempati Posisi Yang Sangat Strategis Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia . Rentang Anak Usia Dini Adalah Dari Lahir Sampai Delapan Tahun Merupakan Rentang Usia Kritis Dan Sekaligus Strategis D.” xvi:31–46.
Siyoto, Sandu and Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. edited by Ayup. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Stein, Steven J. and Howard E. Book. 2002. The EQ Edge Emotional Intelligence and Your Success. Bandung: Kaifa.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. 2020. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1138–50.
Zuldafrial. 2009. Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwiyanti Setyaningsih, Mas’udah Mas’udah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.