Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Preventif dan Perkembangan: Studi Kualitatif di Kelompok Bermain

Authors

  •   Dinar Azzahra   UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  •   Libri Rizka Puri Windarta   UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v6i2.167

  Keywords:

self-confidence, early childhood, preventive approach, developmental approach, social-emotional learning

Abstract

Many young children experience shyness, marked by fear of speaking, avoidance of social interaction, and reluctance to explore new situations. This behavior often indicates low self-confidence, which may hinder social and emotional development if not properly addressed. This study aims to explore efforts to enhance children’s self-confidence through preventive and developmental approaches in an early childhood learning setting. Using a descriptive qualitative method, the research involved 20 children aged 3–5 years and applied observation and interview techniques with teachers and parents at a playgroup in Kuningan, West Java. The findings revealed that both preventive and developmental approaches effectively increased children’s confidence by creating a supportive environment and encouraging social participation through activities such as role-playing and small group interactions. The study concludes that consistent collaboration between teachers and parents plays a significant role in strengthening children’s self-confidence and reducing shyness in daily interactions.

 

Abstrak

Banyak anak usia dini menunjukkan perilaku pemalu yang ditandai dengan rasa takut berbicara, menghindari interaksi sosial, dan enggan mencoba hal baru. Kondisi ini sering mencerminkan rendahnya kepercayaan diri yang, jika tidak ditangani, dapat menghambat perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya peningkatan kepercayaan diri anak melalui pendekatan preventif dan pendekatan perkembangan di lingkungan pembelajaran anak usia dini. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 20 anak usia 3–5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta orang tua di salah satu kelompok bermain di Kuningan, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pendekatan tersebut efektif meningkatkan kepercayaan diri anak melalui lingkungan belajar yang mendukung serta kegiatan sosial seperti bermain peran dan interaksi dalam kelompok kecil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi guru dan orang tua berperan penting dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak dan mengurangi rasa malu dalam kehidupan sehari-hari.

References

Aprianty, R. A., & Ngalimun, N. (2022). Model Bimbingan Konseling Perkembangan Dalam Aktivitas Bermain Sebagai Strategi Pengalaman Belajar Yang Bermakna Di Sd Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 68–76.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494–505.

Faisal, A. (2024). Peran Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Sman 1 Kolaka. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 975–983.

Farid, D. A. M., & Wirastania, A. (2024). Implementasi art therapy terhadap percaya diri anak usia dini di Paud Al Mukmin Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 1–6.

Muarifah, C. E. (2020). Peranan guru dalam membangun sikap percaya diri anak kelompok B di TK ABA tlogo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9), 427–436.

Nurfadhilla, N. (2020). Upaya meningkatkan efikasi diri melalui layanan bimbingan konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 48–59.

Nurmalasari, A., Nurmala, M. D., & Prabowo, A. S. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bojonegara. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktek), 6(1), 1–4.

Oktariana, R., & Nurfajani, N. (2022). Analisis Permasalahan Anak Pemalu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Fkip Unsyiah Banda Aceh. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(1), 67–82.

Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan golden age dalam perspektif Pendidikan Islam. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100–114.

Prayogi, A., & Kurniawan, M. A. (2024). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Suatu Telaah. Complex: Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional, 1(2), 30–37.

Putri, M. A., Darmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Raksasa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5274–5280.

Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533–12543.

Rizky, A. P., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2024). Strategi Afektif Dalam Mengatasi Permasalahan Pemalu Pada AUD: Faktor Penyebab, Pendekatan, Dan Dampak Psikososial. CHILDHOOD EDUCATION, 5(2), 320–334.

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207.

Sabarrudin, S., Andariska, O., & Fitriani, W. (2022). Perilaku insecure pada anak usia dini. Jurnal Sinestesia, 12(1), 224–232.

Sholihah, I. P., Permatasari, D. I., & Rahayu, Y. (2023). Peranan Guru dalam Mengatasi Anak Pemalu di RA Darussalam Pangandaran. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 17–24.

Solkhanuddin, S., Deswalantri, D., & Santosa, B. (2020). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN 3 Agam Kubang Putih. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 23–29.

Sudiatmika, I. K. (2024). PENDEKATAN PREVENTIF DALAM MENCEGAH PERMASALAHAN DAN MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 1 SELEMADEG. Widyadari, 25(1), 108–120.

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara peran guru dengan rasa percaya Diri anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225–233.

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Azzahra, D., & Windarta, L. R. P. (2025). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Preventif dan Perkembangan: Studi Kualitatif di Kelompok Bermain. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 73–84. https://doi.org/10.35719/preschool.v6i2.167