Pengelolaan Kegiatan Bermain Peran Makro untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini

Authors

  •   Yuni Anugerah Aini   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Mahrus Mahrus   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.144

  Keywords:

self confidence, macro role playing, early childhood education, learning management

Abstract

Self-confidence is an essential aspect of early childhood development that influences children’s ability to communicate, adapt, and participate in learning. However, many children still show low confidence, such as fear of making mistakes and reluctance to interact with others. This study aims to describe the management of macro role-playing activities—including planning, implementation, and evaluation—to develop self-confidence in group A children at TK Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. This research employed a qualitative approach with a case study design. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed using data condensation, presentation, and conclusion drawing, with triangulation for validity. The results show that macro role-playing is effectively managed through structured planning using teaching modules, engaging implementation with real-life materials, and comprehensive evaluation through observation, checklists, and anecdotal records. The activity helps children express themselves confidently, make decisions, and interact positively. Therefore, macro role-playing can serve as an effective pedagogical strategy to foster self-confidence in early childhood education.

 

Abstrak

Moderasi beragama perlu ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan sikap toleransi, keadilan, dan penghargaan terhadap keberagaman dalam masyarakat multikultural. Namun, banyak lembaga PAUD masih menghadapi tantangan dalam menerapkan nilai-nilai tersebut melalui metode pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 5–6 tahun di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan enam informan, terdiri atas kepala sekolah, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam mengembangkan sikap toleransi, empati, kerja sama, dan saling menghargai antar anak. Selama bermain, anak belajar bergiliran, mengekspresikan perasaan, serta memahami perspektif orang lain dalam suasana yang menyenangkan. Temuan ini mendukung teori Vygotsky dan Moeslichatoen yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam membentuk perkembangan moral dan emosional anak. Dengan demikian, bermain peran dapat menjadi strategi efektif dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di PAUD.

References

Alimudin., Edo Dwi Cahyo, Annisa Yulistia, dan Santa Idayana Sinaga. Assesment kurikulum di lembaga pendidikan anak usa dini (PAUD). Journal of Islam age educmian, vol 4 no. 1. (2023).

Chatra, Afdhal., Komang Ayu Henny Achjar, Ningsih, Muhammmad Rusiyadi, Zaenurrosyid, Nini Apriani Rumata, Lin Nirwana, Ayuliamita Abadi. Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Stuli Kasus Jambi PT Sonpedia Publislung Indonesia, 2023.

Fauziah, Nurul., Elan dan Sima Mulyadi. Metode Bermain Peran Makro Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agopedia, vol 4, no. 2 (Desember 2020).

Fiqriyah, Eka Puji., Evi Afiati, Putri Dian Dia Conia. Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Tentang Bermain Peran untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak. Equivelent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, vol 1, no.2 (Juli 2021).

Gustiana, Eva., Dodi Ahmad Haerudin. Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Duri Anak Usia Dini dengan Pemberian Apresiasi. Jambura Early Childhood Edication Journal, vol 5. no 1 (Januari 2023).

Hardani, Helmina Adriani, Jumari Ustiawati, Eva Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Auri Fardani, Dika Juliana Sulmana, Nur Hikmatul Aulia. Metode Penelitian Kualitauf & Kuantitatif Yogyakarta Pustaka ilmu 2020.

Haryono, Eko., Siti Suprihatiningsih, Rizki Kurniawan Rangkuti, Sariman.

Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Tasikmalaya: Perkumpulan rumah cemerlang Indonesia, 2024.

Islamiah, Roudhotul., Ichsan, Peran Guru Dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri

Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, vol 6, no 2 (Desember 2022).

Lestari, Ela Puji. Pelaksanaan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Toleransi Anak Di TK It Abu Ja'far Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023," Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2022.

Madrisah, Anizar Ahmad, dan Siti Naila Fauzia. Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Dengan Metode Berman Peran Makro di Paud Bungong Tanjung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendulikan Guru Anak Usia Dini, vol 5. no 2 (Mer 2020).

Nasution, Raisa Armayani. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Nilai Islam. Tasikmalaya. Edu Publisher, 2023.

Pratiwi, Shelly., Melani Nurneni. Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 56 Tahun Melalui Kegiatan Apresiasi Karya Seni Rupadi Raudhatul Athfal Miftahul Hidayah. Jurnal Analang, vol 2, no. 1 (2023).

Putri, Baiq Melinda Atika. Meningkatakan Percaya Diri Anak Melalui Teknik

Bermain Peran dan Doa Bersama pada PAUD Al Hidayah Teluk Kodek Pemenang KLU (Skripsi UIN Islam Negeri Mataram tahun, 2021)

Wulandari, Silvia., Ismaniar. Hubungan Antara Komunikasi Efektif Dalam Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Usta 4-5 Tahun Di RW 10 Kelurahan Dadok Tunggal Hitam Kota Padang. Jurnal Family Education, vol. 04 no. 03 (2024).

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Aini, Y. A., & Mahrus, M. (2025). Pengelolaan Kegiatan Bermain Peran Makro untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.144