Efektivitas Media Komunikasi Interaktif bagi Anak Usia Dini

Authors

  •   Alunnada Aurora Rantisi   UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.143

  Keywords:

interactive communication media, early childhood language development, digital learning media

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan aspek krusial dalam pembelajaran dan interaksi sosial. Media komunikasi, baik konvensional maupun digital, memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan bahasa anak usia dini serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya.

Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber akademik terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital interaktif, seperti aplikasi pembelajaran dan video edukatif, dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan kosakata anak. Sementara itu, media konvensional seperti buku cerita dan kartu kata tetap berperan dalam membangun keterampilan komunikasi langsung dan interaksi sosial.

Meskipun memberikan manfaat signifikan, pemanfaatan media komunikasi dalam pembelajaran anak usia dini juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi, keterbatasan fasilitas, serta kekhawatiran orang tua terhadap dampak negatif media digital. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang seimbang dan bijaksana dalam penggunaan media komunikasi agar dapat mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.

References

Fitriani, Ignatia Imelda, and Mastuah. 2023. “Pemanfaatan Tehnologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Lembaga Paud.” Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi 19 (1): 51–63. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.10147.

Jamalludin. 2016. “Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal UM Palembang 1 (1): 14–26. https://jurnal.um-palembang.ac.id/attabligh/article/view/135/107.

Khoir, Abul Aminatuzzuhriah. 2024. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7:12002–8.

Nizrina, Elena Himma, Tirtayasa, Isti Rusdiyani, and Fadlullah. 2022. “Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun.” Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2): 193–208.

Pakpahan, Tio Rosalinda S.Jumra Fadila, Henni Sara Gracia Br Ginting. 2024. “Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini” 5 (3).

Rahayu, Puji. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2 (1): 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah, and Eva Latipah. 2021. “Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 4 (1): 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Rantisi, A. A. (2025). Efektivitas Media Komunikasi Interaktif bagi Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.143