Efektivitas Media Komunikasi Interaktif bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.143Keywords:
interactive communication media, early childhood language development, digital learning mediaAbstract
Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan aspek krusial dalam pembelajaran dan interaksi sosial. Media komunikasi, baik konvensional maupun digital, memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan bahasa anak usia dini serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya.
Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber akademik terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital interaktif, seperti aplikasi pembelajaran dan video edukatif, dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan kosakata anak. Sementara itu, media konvensional seperti buku cerita dan kartu kata tetap berperan dalam membangun keterampilan komunikasi langsung dan interaksi sosial.
Meskipun memberikan manfaat signifikan, pemanfaatan media komunikasi dalam pembelajaran anak usia dini juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi, keterbatasan fasilitas, serta kekhawatiran orang tua terhadap dampak negatif media digital. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang seimbang dan bijaksana dalam penggunaan media komunikasi agar dapat mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.
References
Fitriani, Ignatia Imelda, and Mastuah. 2023. “Pemanfaatan Tehnologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Lembaga Paud.” Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi 19 (1): 51–63. https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.10147.
Jamalludin. 2016. “Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal UM Palembang 1 (1): 14–26. https://jurnal.um-palembang.ac.id/attabligh/article/view/135/107.
Khoir, Abul Aminatuzzuhriah. 2024. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7:12002–8.
Nizrina, Elena Himma, Tirtayasa, Isti Rusdiyani, and Fadlullah. 2022. “Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun.” Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2): 193–208.
Pakpahan, Tio Rosalinda S.Jumra Fadila, Henni Sara Gracia Br Ginting. 2024. “Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini” 5 (3).
Rahayu, Puji. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2 (1): 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.
Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah, and Eva Latipah. 2021. “Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 4 (1): 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alunnada Aurora Rantisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.



