Menumbuhkan Kesantunan Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua: Perspektif Studi Kasus di Indonesia

Authors

  •   Khoirotin Khoirotin   Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.123

  Keywords:

politeness, parenting style, early childhood, moral development, family education

Abstract

Politeness is a fundamental moral value that must be developed from an early age as part of children’s character formation. However, rapid social change and reduced family interaction have contributed to declining polite behavior among children. This study aims to describe the role of parenting styles in shaping polite attitudes in early childhood in Nogosari Village, Jember Regency. Using a qualitative case study approach based on Yin’s (2018) framework, data were collected through interviews, observation, and documentation involving parents, teachers, and children. The findings show that democratic parenting plays a dominant role in developing politeness through modeling, communication, and consistent guidance. In contrast, authoritarian and permissive parenting show less effective outcomes due to lack of empathy or control. The analysis supports Hurlock’s and Vygotsky’s theories that children’s moral and social behavior develops through consistent parental interaction and example. Therefore, strengthening family-based character education is essential to foster politeness among early childhood learners.

 

Abstrak

Kesantunan merupakan nilai moral dasar yang perlu ditanamkan sejak usia dini sebagai bagian dari pembentukan karakter anak. Namun, perubahan sosial yang cepat dan menurunnya intensitas interaksi dalam keluarga menyebabkan berkurangnya perilaku santun pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pola asuh orang tua dalam membentuk sikap sopan santun anak usia dini di Desa Nogosari, Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus berdasarkan kerangka Yin (2018). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan orang tua, guru, dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis berperan dominan dalam menumbuhkan kesantunan anak melalui keteladanan, komunikasi terbuka, dan bimbingan konsisten. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan permisif kurang efektif karena minimnya empati atau pengawasan. Analisis ini mendukung teori Hurlock dan Vygotsky yang menekankan bahwa perilaku moral anak berkembang melalui interaksi dan teladan orang tua. Oleh karena itu, penguatan pendidikan karakter berbasis keluarga penting untuk menumbuhkan sikap santun pada anak usia dini.

References

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5, 102–122.

Aziz, O. F., Sekolah, P. L., & Yogyakarta, U. . (2017). Parent"s Role To Implant The Childhood Discipline In Family Environment (Case Study In Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan). Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta.

Djamarah. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan SantunPeserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 10, 27-36.

Eisenberg, N., Cumberland, A., & Spinrad, T. L. (2006). Parental Socialization of emotion. Psychological Inquiry.

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Jannah, H. (2018). ). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek. Pesona PAUD, 1.

Megawangi, R. (2003). Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani. IPPK Indonesia : Heritage Foundation.

Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, F. R., Sumardi, & Muslihin, H. Y. (2022). Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal PAUD Agapedia, 6(2), 175–181.

Shocib, M. (2016). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Tridhonanto, A. & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Ele Media Komputindo.

Yuliana, D., Murtono, M., & Oktavianti, I. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal Educatio, 7(4), 1434–1439. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1416

Yusuf, S. (2006). Psikologi perkembangan anak & remaja . https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=660758

Zuriah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Khoirotin, K. (2025). Menumbuhkan Kesantunan Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua: Perspektif Studi Kasus di Indonesia. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/preschool.v6i1.123