Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Mozaik pada Kelompok A di RA Ulul Albab Jember

Authors

  •   Nurhalimah Hakiki   Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v2i1.11

  Keywords:

early childhood, naturalistic intelligence, mosaic

Abstract

Early children are little individuals who have potential that has yet to be developed. One of the potential in children that needs to be developed is naruralistic intelligence. Naturalistic intelligence is the ability to treat the environment and treat it in a balanced manner. Someone who has a strong naturalistic intelligence usually has more interest in the outside world. At RA Ulul Albab, there are mosaic activities to develop children's naturalistic intelligence. The purpose of this research is to develop children's naturalistic intelligence through mosaic activities. This research uses qualitative research methods, with the type of field research. The results of this study indicate that theoretically, mosaic play activities are not only interesting and able to develop children's naturalistic intelligence, which is manifested by making children closer to and like nature.

Anak usia dini adalah individu kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Salah satu potensi yang pada diri anak yang perlu dikembangkan yaitu kecerdasan naruralistik. Kecerdasan naturalistik adalah suatu kemampuan untuk mengenali lingkungan dan memperlakukannya dengan seimbang. Seseorang yang memiliki kecerdasan naturalistik yang kuat biasanya memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia luar. Di RA Ulul Albab terdapat kegiatan mozaik untuk mengembangkan kecerdasan naturalistik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan naturalistik anak melalui kegiatan mozaik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teoritis kegiatan bermain mozaik selain menarik serta mampu mengembangkan kecerdasan naturalistik anak, yang diwujudkan dengan membuat anak semakin dekat dan menyukai alam.

Kata Kunci: anak usia dini, kecerdasan naturalistik, mozaik

References

Amalia, Lia, dkk. 2019. Pemanfaatan Media Bahan Alam Melalui Metode Buzz Group (Diskusi Kelompok Kecil) Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Berkarya Seni Rupa Mozaik Kelas III. Journal of Elementary Education, 2(4), 172-178.

Ardimen. 2016. Pengembangan Multiple Intelligence Melalui Pembelajaran Integratif Berbasis Games. Jurnal Edukasi, 2(2), 107-129.

Istiqomah, Lailatul dan Nurul Khotimah. 2017. Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Jurnal Paud Teratai, 6(3), 1-4.

Kementerian Agama RI. 2014. Quranidea Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: PT Quranidea Cahaya Semesta.

Latif, Mukhtar, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2018. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Saripudin, Aip. 2017. Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1-18.

Sekretariat Negara RI 1945. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sitepu, Juli Maini dan Sri Rahayu Janita. 2016. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad, 8(2), 73-83.

Wartini, Atik dan Muhammad Askar. 2015. Alquran Dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Afkar, 3(1), 99-124.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. 2016. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Jakarta: Prenada Media Group.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Hakiki, N. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Mozaik pada Kelompok A di RA Ulul Albab Jember. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.35719/preschool.v2i1.11