PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD

Authors

  • Ali Mukti UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Iswara Indah Wulandari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Soffy Fitri Rahayu UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Devi Kurnia Ramadhani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/preschool.v4i2.109

Keywords:

early childhood, singing method, moral religious values

Abstract

Singing activities are one of the learning methods used by teachers to increase students' interest in learning and create a fun learning atmosphere and a way to convey learning material easily to students. Implementing singing activities requires special methods, because young children cannot be compared to adults, one of which is by using the singing method. The purpose of this writing is to explain how to apply the singing method to foster moral religious values ​​in early childhood. The development of religious values ​​in early childhood plays a very important role, because it is one aspect of children's development that is very influential in achieving their growth and development and educational goals. Thus, the singing method is very important to give to young children because children can learn to understand, remember, the meaning of songs that contain religious and moral values ​​to be applied in everyday life. This research method uses qualitative research with a library study type. This research stage was carried out by collecting library sources, both primary and secondary.

References

Ahsanah, Anita. "Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini di TK Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah." Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (2018): 38-39

Anggari, Listyani dkk. "Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak di TK Puspita Pandeglang." Infantia. vol. 4. no. 2 (2016): 3

Anggraini, Denok Dwi. "Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita." Jurnal PG-Paud Trunojoyo. vol. 2. no. 2 (2015): 141

Aprianti, Ema. "Penerapan Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosialemosional Anak Usia Dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat." Tunas Siliwangi, vol. 3. no. 2 (2017): 204-205

Dewi, Mutiara Sari. "Proses Pembiasaan Dan Peran Orang Terdekat Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini." Jurnal Program Studi PGRA. vol. 3. no. 1 (2017): 88

Gutama, Andika. "Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak." VIRTUOSO (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik). vol. 3 no. 1 (2020): 24

Hanipudin, Sarno dkk. "Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap." Jea (Jurnal Edukasi Aud) Pendidikan Islam Anak Usia Dini. vol. 6. issue. 2 (2020): 120-124

Husna, Amalia dkk. "Strategi Mengenalkan Asmaul Husna Untuk Menanamkan Nilai Agama Dan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Tambusai. vol. 5. no. 3 (2021): 9668

Indayani, Mawardi Dan Sri. "Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Melalui Strategi Bernyanyi Pada Siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam." Jurnal Pendidikan Indonesia. vol. 1. no. 2 (2020): 110

Insani, Ayu Puspita. “Penerapan Metode Bernyanyi Religi Dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Berusia 5-6 Tahun di TK Ananda Kandis Kampong Kandis Kecamatan Kandis.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaupekanbaru. (2022): 30-31

Khaji, Khujatul dkk. "Hubungan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. vol. 3. no. 1 (2020): 18

Mardiah, Lisda Yuni dkk. "Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun." Jurnal Pendidikan Tambusai. vol. 5. no. 1 (2021): 404

Masamah. "Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini." Skripsi. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta, 2019: 22

Mislikhah, St. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak." Genius: Indonesian Journal Of Early Childhood Education. vol. 2. no. 1 (2021): 68

Muftie, Zaenal dkk "Pengaruh Pembelajaran Lagu Anak Islami Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini." The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE) Gunung Djati Conference. vol. 13. (2022): 305

Nurhasanah, Siti. "Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di Pos Paud Kasih Bunda Datar Mayong Jepara." Skripsi. Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara. (2021): 25-27

Nurjanah, Siti. "Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STTPA Tercapai)." Jurnal Paramurobi. vol. 1. no. 1 (2018): 55-56

Purwadi. "Pembelajaran Melalui Bernyanyi Untuk Menstimulasi Sikap dan Perilaku Musikal Anak Pada Pusat Unggulan Paud Taman Belia Candi Semarang." Catharsis: Journal Of Arts Education. 2 (2) (2013): 16-17

Rahmawati, Riyas dkk. "Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains." Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. vol. 01. no. 02 (2020): 170-180

Ramadhaniar, dkk. "Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’ Anak Usia Dini." Jurnal Basicedu. vol. 6. no. 1 (2022): 719

Riah, dkk. "Penerapan Metode Bercerita Dan Bernyanyi Untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Di Paud Mutiara Islami Pagutan." Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. vol. 02. no. 02 (2020): 59

Rukmana, Tri dkk. "Metode Bernyanyi Islami: Penanaman Nilai Tauhid Pada Anak Sejak Dini." Awlady: Jurnal Pendidikan Anak. vol. 8. no. 1 (2022): 24-26

Susilawati. "Penerapan Metoda Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Metoda Bernyanyi di Paud Al Azhar Syfa Budi Parahyangan)." Jurnal Empowerment. vol. 4. no. 2 (2014): 149

Triatnasari, Vera. "Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B MIN 11 Bandar Lampungtahun Pelajaran 2016/2017." Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. (2017): 20-21

Wahyudin, Aep dkk. Prosiding Seminar Nasional Dakwah 2017. "Evaluasi Perkembangan Ilmu Dan Kelembagaan Dakwah." Bandung. Cibiru Cipadung Bandung. 2018

Wahyuningsih, Sri. "Lagu Anak Sebagai Media Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini." Jurnal Thufula. vol. 5. no. 1 (2017): 177

Wicaksono, Refi Yunanda. "Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri.” Jurnal Seni Musik. 6. (2) (2017): 93

Yunus, Ummu Kalsum dkk. "Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam. vol. 2. no. 2 (2021): 42-43

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Mukti, A., Wulandari, I. I. ., Rahayu, S. F., & Ramadhani, D. K. (2023). PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 65–82. https://doi.org/10.35719/preschool.v4i2.109