Penggunaan Metode Kubaca untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal
DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v2i1.10Keywords:
Anak Usia Dini, Kemampuan Memahami Kata, Metode KubacaAbstract
The ability to read at an early age greatly affects the level of intelligence of children. The earlier a child learns to read, the more fond he is to read and the better he will read. So parents and teachers should teach children to read from an early age. Because the ability to read is the basis for mastering various sciences. The purpose of this study was to analyze and describe the steps of implementing the "Kubaca" method which can improve the ability to recognize the words of early childhood Raudhatul Athfal Perwanida 19 Bangsalsari Jember. This research uses a qualitative approach and types of field research. The data collection techniques used included observation, interviews, and documentation. This study concluded that the steps for implementing the Kubaca method that can improve the ability to recognize early childhood words in Raudhatul Athfal Perwanida 19 are as follows: 1) the teacher prepares various kinds or kinds the words to be conveyed to students, 2) the teacher holds up the words that have been arranged neatly, and 3) the teacher reads the cards aloud and repeatedly.
Kemampuan membaca pada usia dini banyak mempengaruhi tingkat intelegensi anak. Semakin dini seorang anak belajar membaca maka semakin gemar ia membaca dan semakin baik ia membaca. Maka seharusnya orang tua dan guru mengajarkan anak membaca sejak dini. Karena kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai ilmu.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode “Kubaca” yang dapat meningkatan kemampuan mengenal kata anak usia dini Raudhatul Athfal Perwanida 19 Bangsalsari Jember.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianlapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara,dan dokumentasi.Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa langkah-langkah penerapan metode Kubaca yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata anak usia dini di Raudhatul Athfal Perwanida 19 adalah sebagai berikut: 1) guru menyiapkan aneka ragam atau macam kata-kata yang akan disampaikan kepada siswa, 2) guru mengacungkan kata-kata yang telah disusun secara rapi, dan 3) guru membacakan kartu-kartu tersebut secara nyaring dan berulang-ulang.
Kata Kunci: metode membaca, kemampuan memahami kata, anak usia dini
References
Bogdan dan Taylor. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Dalman. 2017. Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sajaya, E.N.R.P. 2015.Studi perbedaan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode kubaca dan metode membaca sebagai sarana kognitif anak di TK. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas 45.
Isjoni. 2017. Model Pembelajaran Anak usia Dini.Bandung : Alfabeta.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Ditjen Kemendiknas.
Rizka Rojiyatul Azizah dan Sulthoni. 2017. Pengaruh Metode “Kubaca” Dengan Gambar Terhadap Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas I SDLB. Malang: UNM.
Pratiwi, S dan Eprilia, U.H. 2017. implementasi pembelajaran dengan metode kubaca untuk meningkatkan kemampuan membaca awal, Surakarta: UNS.
Ratna Juwita. Penggunaan Teori “Kubaca” Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca siswa di SD Negeri Bentangan Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015 Skripsi UNMUH Surakarta.
Sudrajat. 2012. Metode Membaca untuk anak, Bandung: Pustaka Setia.
Dewi, F.S. 2014. penggunaan metode kucubaca dan demonstrasi pada siswa kelas I SD Negeri Baban Sumenep Skripsi UNMUH Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.



