Permainan Tebak Gaya untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia 5-6 Tahun

DOI:
https://doi.org/10.35719/preschool.v4i2.86Keywords:
playing, style guessing game, multiple intelligencesAbstract
Developing multiple intelligences in early childhood requires the right steps. One way that can be used is play. The games carried out in developing this intelligence must be related to the indicators of child development. One of the games that can develop children's multiple intelligences is the guess the style game. This game can increase children's focus and concentration in understanding an idea and stimulate imagination and expression skills. The purpose of this research is to find out how children's learning outcomes after using the method of playing guess the style and how it plays a role in increasing multiple intelligences in early childhood. This research is a qualitative descriptive research. This research instrument uses an observation sheet containing student observations in the learning process. The results showed that the application of guessing game can improve children's multiple intelligences and learning outcomes in early childhood.
ABSTRAK
Dalam mengembangkan kecerdasan majemuk pada anak usia dini diperlukan langkah-langkah yang tepat. Salah satu cara yang bisa digunakan ialah bermain. Permainan yang dilakukan dalam mengembangkan kecerdasan tersebut harus berkaitan dengan indikator-indikator perkembangan anak. Salah satu permainan yang dapat mengembangkan kecerdasan majemuk anak adalah permainan tebak gaya. Permainan ini dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi anak dalam memahami suatu ide serta merangsang imajinasi dan keterampilan berekspresi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar anak setelah menggunakan metode bermain tebak gaya serta bagaimana perannya dalam meningkatkan kecerdasan majemuk pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berisikan pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tebak gaya dapat meningkatkan kecerdasan majemuk anak dan hasil belajar pada anak usia dini.
References
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953
Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini (1st ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences: The Theory In Practice. New York: HarperCollins Publishers.
Mardiani, L., & Rivda Yetti. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 30(1), 499–504. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.490
Maulida, M. N. (2014). STUDENT LERNERGEBNISSE KLASSE XII IPA 1 SMA PADANGAN MIT SPIELSTYLE CRUSH IM GERMAN RHETORISCHEN FÄHIGKEITEN. Laterne, Volume 03(permainan tebak gaya), 127–123.
Mendak, P. A. (1983). Reading and the art of guessing. Reading World, 22(4), 346–351. https://doi.org/10.1080/19388078309557724
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: Sage Publications.
Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Universitas Terbuka.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.
Rimm, D. S. (2003). mendidik dan menerapkan disiplin pada anak prasekolah (oktober 20). jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rubin, K., Fein, G., & Vandenberg, B. (1983). Play of children. In M. Hetherington (Ed.), Handbook of child psychology, Vol. 4, Socialization, personality, and social development (4th ed., pp. 693–774). New York: Wiley.
Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk Ruang Lingkup, Indikator, dan Pengembangannya (edisi pert; E. Widianto, ed.). Jakarta: Kencana.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Zwagery, R. V. (2021). Permainan “Tebak Aku” untuk Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 59–65. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10061
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aja Raihand Sofia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.